TOMAN Setu Cibuntu Lestari (SCL) Cibinong ALTERNATIF LAIN UNTUK STRIKE

Berburu Toman/Giant Snake Head (Chorheichepalus) yang merupakan ikan buas dan kerabat dari ikan gabus (Channidae) yang bisa mempunyai ukuran besar sampai dengan1 (satu) meteran adalah salah idaman para castinger dikarenakan  jenis predator ini, sehingga sangat rakus sekali dan keagresifan serta tenaganya tidak cukup kalah dengan ikan salt water mejadi salah satu yang di idam idamkan untuk diburu. Apalagi kalau kita berburunya menggunakan Lure Top Water hmmmm dasyatnya lekedakannya dan ini yang akan membuat kita terngiang ngiang untuk kembali lagi mendapatkan sambarannya.

Banyak para castinger berburu ikan ini sampai ke Riau, Pontianak (Kalimantan Barat) dan daerah semua dilakukan karena kerinduan dan keinginan untuk dapat merasakan sensasi dari sambaran dan tarikan predator yang satu ini.SCL3SCL1SCL2SCL4gabus 44

Untuk bereburu predator ini memang sangat terasa bila dilakukan dispot alam liar, namun untuk alternatif lain saat ini sudah muncul beberapa Fishing Pond menyajikan agar mendapatakan sensasi tarikan predator yang satu ini dan predator lainnya.

Di daerah didekat Jakarta memang sudah ada beberapa alternatif untuk mendapatkan strike Toman, salah satu yang menawarkan perburuan predator ini dalah Fishing Pond Setu Cibuntu Lestari (SCL)  LIPI Bakos Sutanal Cibinong.

Bagi saya sendiri, SCL merupakan alternatif  berburu Toman yang cukup lumayan karena  Pondnya berasal dari setu   sehingga kesan ngewildnya dapat, oleh karena itu saya merasakan seperti casting di alam liar dan hal ini cukup menjadi alternatif pilihan pilihan saya.

SCL adalah Fishing Pond yang menawarkan  perburuan  predator  dengan cara “cath and realease”       ` menggunakan teknik casting dan flaying fishing yang terletak di daerah Komplek  LIPI (Bakos Sutanal)  Cibinong, dengan  luas area besar. Setu ini dikelola oleh Paguyuban Warga Setu Cibuntu dengan bekerja sama dengan castinger yakni Sdr. Fendy Hwan.

Dihamparan setu yang seluas itu  terdapat Toman dari yang ukuran kecil dan besar, selain itu juga terdapat ikan predator lainnya seperti bawal tawar (Colossoma Macropanum), dan hampala (Hampala Macrolipidota) serta bukan jenis predator yakni Nila (Orheocchromus Niloticus). Saya sering ke SCL, apalagi di saat tidak mancing di alam liar dan trip salt water.

Casting di SCL memang seperti di alam liar karena spotnya berasal dari setu  dan  ikan – ikan predatornya yang dilepas di setu tersebut, disana kita bisa melampar dengan lure dengan teknik long casting karena danau yang luas, selain itu disini saya bisa mencoba mempraktekan penggunaan lure sperti Minnow, Jump Frog, Soft Frogy, Busbait, Spiner dan Soft Lure. Dari beberapa kali saya kesana, ya  al hasil lumayan lah bisa hook up Toman dari ukuran yang  1kg sd 5 kg.

Bagi saya, SCL cukup resprentatif untuk mencoba sensasi tarikan Toman bagi yang bertempat tinggal di Jakarta dan seputarannya.

Jakarta, 25 Mei 2015

Sugeng Meijanto Poerba, S.H., M.H.

Tulisan ini dibuat hanya untuk berbagi pengalaman dan teman-teman boleh mempunyai pendapat dan pengalaman yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s