“JANGAN MENGHAKIMI”

HAL MENGHAKIMI :

Pembacaan Alkitab  : Matius 7: 1 – 5

  1. “Jangan kamu menghakimi, supaya kamu tidak dihakimi.
  2. Karena dengan penghakiman yang kamu pakai untuk menghakimi, kamu akandihakimi dan ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan
  3. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui
  4. Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu: Biarlah akumengeluarkan selumbar itu dari matamu, padahal ada balok di dalam matamu.
  5. Hai orang munafik, keluarkanlah dahulu balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu.”

 “JANGAN MENGHAKIMI

 Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni. (Lukas 6:37)

 RENUNGAN :

Dalam kehidupunan,  seseorang ada yang mempunyai masa lalu kelam atau tidak dan ada yang jahat atau tidak dan kita tahu bahwa tiap orang memiliki sebuah kisah, entah kita tahu kisah itu baik atau tidak, tetapi kita tidak boleh menghakimi orang itu karena kita tidak tahu apa yang sebenarnya melandasi mereka berbuat dan biarlah hal itu Tuhan yang menilai atau menghakiminya tetapi kita sebagai manusia yang beriman seharusnya mengasihi mereka.

Dalam  Matius 7:3 [Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui?] mengingatkanku sebagai pengikut Kristus untuk melihat melampaui apa yang tampak dari dalam hubunganku dengan keluarga, teman, dan kenalanku serta berbagi kasih Allah dengan semua orang.

 Doa :    

Allah, bukalah mata kami untuk melihat melampaui apa yang tampak dari luar pada penderitaan dan perjuangan saudara-saudari kami. Amin.

Pokok Pikiran  :

Allah memanggil kita untuk mengasihi, bukan untuk menghakimi.

Jakarta, 24 Juli 2014

Sugeng Meijanto Poerba, S.H., M.H.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s