“TIADA YANG TIDAK BERARTI”

 Pembacaan AlkitabMazmur 139:1-18

 Doa di hadapan Allah yang mahatahu

 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.

Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.

Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku. Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya.

Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?

Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situ pun Engkau.

Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.

Jika aku berkata: “Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam,”, maka kegelapan pun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang.

Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.

Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah; mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satu pun dari padanya.

Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!. Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir. Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau.

“TIADA YANG TIDAK BERARTI

Bukankah burung pipit dijual dua ekor seduit? Namun seekor pun dari padanya tidak akan jatuh ke bumi di luar kehendak Bapamu. Dan kamu, rambut kepalamu pun terhitung semuanya. (Matius 10:29-30)

RENUNGAN :

Tidak ada di dunia ini yang tidak berarti. Allah menciptakan tiap manusia unik. Kita memiliki sidik jari, warna suara, bola mata, dan DNA yang berbeda. Tidak ada seorang pun yang memiliki sama persis dengan anda. Meskipun keturunan anda membawa sebagian DNA anda, tetapi tidak akan sama dengan anda.

Pencipta kita membuat keselamatan dan hubungan yang bersifat pribadi. Bahkan, Allah mengetahui jumlah rambut di kepala anda. Nama kita terukir di telapak tangan-Nya [baca Yesaya 49:16 –  Lihat, Aku telah melukiskan engkau di telapak tangan-Ku; tembok-tembokmu tetap di ruang mata-Ku.]. Sekalipun seorang ibu dapat melupakan anaknya, Allah tidak akan pernah melupakan kita [baca Yesaya 49:15 –  Dapatkah seorang perempuan melupakan bayinya, sehingga ia tidak menyayangi anak dari kandungannya? Sekalipun dia melupakannya, Aku tidak akan melupakan engkau.]. Allah membuat suatu perjanjian yang mengikat kita bahwa Allah mengasihi kita bahkan sebelum kita mengasihinya.

Yesus Kristus, Putra Allah mati di kayu salib bagi anda dan aku. Kita berharga bagi Allah. Di dalam Alkitab, kita dapat melihat bagaimana Allah peduli kepada tiap orang – domba yang hilang [baca Lukas 15], wanita Samaria yang dipandang rendah oleh kaumnya [baca Yohanes 4], seorang janda yang kehilangan anaknya [baca Lukas 7], dan banyak lagi. Allah tidak meminta kita untuk menjadi luar biasa menurut standar manusia. Kita semua dipanggil untuk mengasihi Allah dengan cara yang bisa kita lakukan.

Doa:

Tuhan terkasih, bantulah kami untuk memandang diri kami seperti Engkau memandang kami dan kuatkanlah serta sadarkanlah terhadap seseorang yang merasa tidak berarti karna apapun juga mereka tetap berarti. Amin.

Pokok pikiran:   

Tiap orang dipanggil untuk mengasihi Allah dengan baik dan pasti mempunyai arti.

Jakarta 21 Juni 2013

Sugeng Meijanto Poerba, S.H., M.H.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s