“DOAKAN PARA MUSUH MU”

Apabila engkau melihat lembu musuhmu atau keledainya yang sesat, maka segeralah kaukembalikan binatang itu.

Apabila engkau melihat rebah keledai musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya. Haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatan keledainya.

Lukas 6:27-36 : Kasihi musuhmu

“Tetapi kepada kamu, yang mendengarkan Aku, Aku berkata: Kasihilah musuhmu, berbuatlah baik kepada orang yang membenci kamu; mintalah berkat bagi orang yang mengutuk kamu; berdoalah bagi orang yang mencaci kamu.

Barangsiapa menampar pipimu yang satu, berikanlah juga kepadanya pipimu yang lain, dan barangsiapa yang mengambil jubahmu, biarkan juga ia mengambil bajumu.

Berilah kepada setiap orang yang meminta kepadamu; dan janganlah meminta kembali kepada orang yang mengambil kepunyaanmu. Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka. Dan jikalau kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah jasamu? Karena orang-orang berdosa pun mengasihi juga orang-orang yang mengasihi mereka.

Sebab jikalau kamu berbuat baik kepada orang yang berbuat baik kepada kamu, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun berbuat demikian.  Dan jikalau kamu meminjamkan sesuatu kepada orang, karena kamu berharap akan menerima sesuatu dari padanya, apakah jasamu? Orang-orang berdosa pun meminjamkan kepada orang-orang berdosa, supaya mereka menerima kembali sama banyak.

Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.”

“PARA MUSUH”

Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar. (Matius 4:44-45)

RENUNGAN :

Mengasihi musuh kita bukan hanya perintah Perjanjian Baru. Kitab Keluaran memberikan petunjuk praktis tantang bagaimana memperlakukan musuh. Menurut Kitab Keluaran, orang yang melihat bahwa keledai musuh jatuh karena kelebihan beban haruslah membantunya.

Jika kita melihat lembu atau keledai musuh tersesat, kita harus mengembalikannya [Keluaran 23:4-5 – 4 Apabila engkau melihat lembu musuhmu atau keledainya yang sesat, maka segeralah kaukembalikan binatang itu. 5 Apabila engkau melihat rebah keledai musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya. Haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatan keledainya.]. Dengan kata lain, ketika kita melihat kecelakaan atas properti musuh, kita tidak boleh menutup mata dan membiarkannya.

Kita juga tidak diizinkan untuk mentertawakan atau bersukacita atas kemalangan orang lain. Kita diminta untuk membantu, bahkan orang yang membenci kita.

Allah menekankan hal ini dalam Matius 5:44-45 [Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.].

Jika seseorang adalah musuh, kita harus mengasihinya. Jika ia mengutuk kita, kita justru memberkatinya. Jika ia membenci kita, kita harus melakukan yang baik kepadanya. Jika ia menyakiti kita, kita harus mendoakannya.

Allah ingin kita menanggapinya dengan agar tidak membuat hubungan menjadi lebih buruk dengan membalas, tetapi berusaha untuk membuatnya lebih baik dengan memberikan yang terbaik dari yang kita miliki.

Pokok Pikiran:

Apakah anda berdoa agar sesuatu yang baik terjadi pada Para Musuh. Tuhan terkasih, ampuni kami karena membenci musuh kami. Bantulah kami untuk mengasihi dan memperlakukan mereka dengan baik. Amin.

 

Jakarta, 11 February 2013

Sugeng Meijanto Poerba, S.H., M.H.

One response to ““DOAKAN PARA MUSUH MU”

  1. Numpang share ya pren

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s