“SALAH MENARUH HARAPAN”

Kata Tuhan  kepadanya: “Jikalau engkau hendak sempurna, pergilah, juallah segala milikmu dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin, maka engkau akan beroleh harta di sorga, kemudian datanglah ke mari dan ikutlah Aku. (Matius 19:21)

 Ayat itu mengingatkan aku akan cerita anak muda ini, Selama bertahun-tahun anak muda itu  yakin bahwa pekerjaannya  mencerminkan dirinya. Dia  menaruh harapan dan jaminannya pada karier dan bukan pada Allah. Suatu hari saat akan pulang, penyelianya memanggil pemuda itu  ke ruangannya. Ia memberi tahukan bahwa posisi pemuda itu  akan dihapuskan, sesegera mungkin akan diberlakukan. Rasa takut menghantui saat menyadari bahwa tempat berlabuh harapannya  telah lenyap.

Situasi itu mengingatkanku akan kisah dalam Matius 19 tentang orang muda yang kaya yang juga salah menaruh harapannya. Ia sangat kaya dan tidak rela melepaskannya untuk mengikut TUHAN. Namun, status, kekayaan, dan harta itu semua tidak sebanding dengan Allah. Kini aku melihat bahwa kehilangan pekerjaan yang kupikir merupakan harapan masa depan itu merupakan hal terbaik. Selama masa pergolakan hidupku ini, aku  belajar bahwa Allah setia memenuhi semua kebutuhanku. Tidak ada apa pun yang ditawarkan dunia ini bisa memberiku harapan kekal; hanya Allah yang sanggup melakukan hal itu.      

Doa:   

Bapa Pengasih, Engkaulah satu-satunya harapanku, hari ini dan selamanya. Tolong kami untuk mempercayai-Mu apa pun keadaan kami. Kami berdoa seperti yang telah Yesus ajarkan, “Bapa kami yang di sorga, dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya, dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat. Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya.” Amin.

IN GOD WE TRSUT

Jakarta 19 Juli 2012

Sugeng Meijanto Poerba, S.H., M.H.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s