Tuhan Ajarilah Aku Menyadari Pentingnya Hidup Bergantung Pada Mu

Ya Tuhan………..

Ampunilah aku karena kesombongan, arogansi dan
memandang tinggi diriku sendiri.
Bebaskanlah aku dari ikatan pada keinginan-keinginan
yang menyenangkan diriku sendiri.
Jika Engkau meninggalkan aku seperti
aku telah meninggalkan Engkau,
aku pastilah sudah tidak ada lagi.

Ajarlah aku untuk menyadari bahwa
yang lebih penting bukanlah melindungi hak-hakku,
melainkan adalah melakukan “hal yang benar”,
sehingga aku bersedia untuk
mengubah komitmenku, tujuanku, dan
bergantung sepenuhnya padaMu.

Lembutkanlah hatiku yang keras dan
pimpinlah aku dengan Roh kudusMu ya Tuhan.
Di dalam masyarakat yang meninggikan pemberontakan,
bahkan tanpa suatu sebab,
kiranya aku dengan sadar dapat memilih
untuk merendahkan diriku,
mengambil rupa seorang hamba.
Nyatakanlah motivasi-motivasiku yang tidak benar,
yang ingin menutupi pemberontakanku di dalam istilah
“Allah dan aku”.

Ubahlah individualismeku menjadi
komitmen yang teguh untuk melayani
Engkau dan sesama.
Biarlah aku menjadi anggota tubuh Mu
yang sungguh hidup,
yang saling bergantung satu terhadap yang lain,
dan bersama – sama bergantung kepadaMu
dan memuliakan namaMu.

Jakarta, 16 Maret 2012.

Sugeng Meijanto Poerba, S.H., M.H.

Tinggalkan Balasan

