Permasalahan Putusan Serta Merta (Uitvoerbaar Bij Vooraad) dan Provisionil

  1. Seringkali didalam suatu gugatan  Penggugat dalam posita dan petitum gugatan  meminta untuk dilaksanakan Sita Jaminan  (Conservatoir Beslag)  dan petitum gugatan yang meminta agar putusan ini dapat dilaksanakan terlebih dahulu (uit voerbaar bij voorraad)  meskipun ada upaya hukum lainnya.
  2.  Terhadap permohonan  Penggugat yang dalam gugatannya  meminta untuk menyatakan putusan ini, dapat dijalankan terlebih dahulu (Uitvoerbaar Bij  Voorrraard) meskipun dilakukan upaya hukum  lainnya dalil/alasan ini biasanya bisa dikesampingkan dan ditolak oleh Majelis Hakim  karena  berdasarkan Surat Edaran Mahkamah Agung No.4 Tahun 2001 tanggal 20 Agustus 2001  tetang Permasalahan  Putusan Serta Merta (Uitvoerbaar Bij Vooraad) dan Provisionil  dengan tegas dinyatakan bahwa setiap kali akan melaksanakan  putusan serta merta (Uitvoerbaar Bij Vooraad) harus disertai dengan penetapan sebagaimana yang diatur dalam butir 7 SEMA No.3 Tahun 2000 dan  harus disertai dengan adanya pemberian jaminan  yang nilainnya sama dengan nilai/objek  eksekusi  sehingga tidak  menimbulkan kerugian pada pihak lain apabila  ternyata dikemudian hari  dijatuhkan putusan yang membatalkan putusaan Pengadilan Tingkat Pertama.
  3. Dengan demikian jelas bahwa tanpa disertai uang jaminan yang sama nilainya dengan objek sengketa, maka   pelaksanaan putusan serta merta dan provisional tidak boleh dijalankan.
  4. Selain itu juga terhadap permohonan Sita Jaminan  (Conservatoir Beslag) atas objek sengketa akan  ditolak  oleh Majelis Hakim apabila terhadap objek  sengketa merupakan barang/kekayaan milik Negara  yang mana  berdasarkan Pasal 50 Undang-undang Nomor: 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara dengan tegas dinyatakan bahwa “Pihak mana pun dilarang untuk melakukan penyitaan terhadap barang bergerak/tidak bergerak milik Negara/Daerah”.

Jakarta, 27 Januari 2012

Sugeng Meijanto Poerba, S.H., M.H.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s